Imigrasi Cilacap Gelar Rapat Timpora Tingkat Kecamatan, Perkuat dan Bangun Sinergitas

    Imigrasi Cilacap Gelar Rapat Timpora Tingkat Kecamatan, Perkuat dan Bangun Sinergitas

    Banyumas, 26/2/2024 - Bangun sinergitas antar lembaga pemerintahan di Kabupaten Banyumas, Imigrasi Cilacap gelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) tingkat kecamatan se-Kabupaten Banyumas di Hotel Java Heritage Purwokerto. 

    Membangun sinergitas antar instansi/Lembaga merupakan hal yang penting terutama dalam pengawasan orang asing sampai ke tingkat kecamatan khususnya yang berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Cilacap. Guna optimalisasi pengawasan tersebut, Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) sangat berperan penting sebagai wadah koordinasi dan sinergitas pengawasan orang asing sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing institusi.. 

    Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Imigrasi Cilacap, Mohamad Rio Andrireza mengawali kegiatan dengan menyampaikan laporan hal-hal terkait Rapat Timpora ini serta tentang keberadaan dan pengawasan orang asing di wilayah kerjanya serta tugas dan fungsi khususnya kegiatan Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian yang saat ini sedang beliau pimpin.

    Dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kantor Imigrasi Cilacap, Mohamad Taufik Sulaeman yang sekaligus membuka kegiatan Rapat Koordinasi Timpora tingkat Kecamatan di Kabupaten Banyumas. 

    Dalam arahannya ia menyampaikan bahwa orang asing yang ada di Indonesia harus memiliki maksud dan tujuan yang jelas. Selain itu Taufik juga menghimbau untuk segera menindak orang asing yang terbukti melakukan pelanggaran. Dalam kesempatan kali ini, Taufik juga menyampaikan bahwa Kantor Imigrasi tidak dapat bergerak sendiri. Hal ini dikarenakan terbatasnya Kantor Imigrasi di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu diharapkan Tim Pora ini dapat bersinergi dalam melakukan pegawasan terhadap keberadaan orang asing.

     “Dalam melakukan pengawasan orang asing, Imigrasi tidak bisa bergerak sendiri, perlu adanya sinergitas antar lembaga agar memudahkan dalam melakukan pengawasan. Sehingga melalui rapat ini dapat tercipta sinergi yang baik khusunya dalam hal pengawasan orang asing”, uajr Taufik. 


    Taufik juga mengapresiasi atas kehadiran seluruh peserta Rapat Koordinasi Timpora tingkat Kecamatan di Banyumas yang kedepanya diharapkan dapat membantu dalam pengawasan terhadap orang asing khususnya dalam naungan wilayah kerjanya agar terciptanya harmonisasi penduduk baik Orang Asing dengan masyarakat setempat.
     
     
    Acara ini dilanjutkan dengan paparan dengan narasumber Kasi Inteldakim, Mohamad Rio Andrireza dan Kasi Tikkim, Heryanu dengan materi terkait tugas dan fungsi Timpora, serta diskusi antar instansi/Lembaga dalam mencari solusi dan penguatan tugas dan fungsi Timpora dalam pengawasan keberadaan orang asing di wilayah Kabupaten Banyumas. Tentunya kegiatan ini terus berkesinambungan dan menjadi langkah nyata dalam membangun sinergitas yang dapat meningkatkan kinerja masing-masing instansi/lembaga.

    Agus Agnan

    Agus Agnan

    Artikel Sebelumnya

    Urus Paspor semakin mudah, di Layanan Paspor...

    Artikel Berikutnya

    Imigrasi Cilacap Gelar Operasi Gabungan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Sinergitas antar instansi, Kepala Kantor Imigrasi sambangi Polres Kebumen
    Peduli Bencana Galodo Sumatera Barat, Hakim Agung Mahkama Agung RI Terjun Langsung  Lokasi Terdampak
    Dekranas Expo 2024 Ditutup, Stand Kemenkumham Jateng Jadi Terbaik Kedua
    Imigrasi Cilacap berikan Ikuti Cilacap Expo Tahun 2024
    Kantor Imigrasi Cilacap, gelar rapat timpora di Kebumen Perkuat pengawasan orang asing

    Ikuti Kami