Operasi Jagratara Imigrasi Cilacap pantau orang asing

    Operasi Jagratara Imigrasi Cilacap pantau orang asing

    Cilacap - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap menyelenggarakan Pengawasan Orang Asing dengan kode operasi “JAGRATARA” dengan kendali pusat oleh Direktorat Jenderal Imigrasi. Dalam kegiatan pengawasan orang asing yang dilakukan pada 2/5/2024, Tim Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Imigrasi Cilacap mengamankan.

    Kepala Kantor Imigrasi Cilacap, Mohamad Taufik Sulaeman menyampaikan operasi “JAGRATARA” mengandung arti selalu waspada, hal tersebut mencerminkan komitmen pemerintah melalui Ditjen Imigrasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban nasional. Pelaksanaan operasi JAGRATARA Imigrasi Cilacap dilaksanakan di dua lokasi, yakni Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Banjarnegara. 
    “Imigrasi Cilacap melaksanakan operasi JAGRATARA didua lokasi, yakni Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Banjarnegara”, ujar Taufik.
    Operasi di Kabupaten Banjarnegara dilakukan terhadap WNA asal Korea sebagai pemegang KITAS Investor di PT. Purnama Asih Surya Indonesia (PASI) berinisial MHJ dan HTM. Sedangkan di Kabupaten Banyumas dilakukan terhadap Mahsiswa Asing yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
    Dalam operasi tersebut, tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian baik yang bersifat administratif maupun pelanggaran lainnya. Namun, tim operasi Jagratara dan Kanim Cilacap meminta manajemen perusahaan untuk tetap memperhatikan dokumen keimigrasian dan izin tinggal TKA sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    Kasi Inteldakim Kanim Cilacap, Mohamad Rio Andrireza menjelaskan, tujuan Operasi Jagratara adalah untuk mencegah pelanggaran keimigrasian dan memperkuat penegakan hukum demi menjaga stabilitas dan keamanan negara.

    “Keberadaan orang asing di perusahaan harus sesuai aturan yang berlaku, dengan perusahaan berkewajiban melaporkan keberadaan TKA secara rutin dan memastikan bahwa mereka bekerja sesuai dengan perizinannya, ” ungkap Rio.


    Pelaksanaan Operasi "Jagratara" diharapkan dapat memberikan efek jera bagi para pelanggar keimigrasian, meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada instansi imigrasi, dan terjaganya stabilitas keamanan nasional.

    Imigrasi Cilacap berkomitmen akan terus melakukan pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang berada pada wilayah kerja Imigrasi Cilacap untuk memastikan setiap WNA memiliki izin Tinggal sesuai dengan peruntukannya.

    Agus Agnan

    Agus Agnan

    Artikel Sebelumnya

    Sinergi dengan Ombudsman, Imigrasi Cilacap...

    Artikel Berikutnya

    Lewat Kancil Ngapak, Imigrasi Cilacap Layani...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Sinergitas antar instansi, Kepala Kantor Imigrasi sambangi Polres Kebumen
    Peduli Bencana Galodo Sumatera Barat, Hakim Agung Mahkama Agung RI Terjun Langsung  Lokasi Terdampak
    Dekranas Expo 2024 Ditutup, Stand Kemenkumham Jateng Jadi Terbaik Kedua
    Imigrasi Cilacap berikan Ikuti Cilacap Expo Tahun 2024
    Kantor Imigrasi Cilacap, gelar rapat timpora di Kebumen Perkuat pengawasan orang asing

    Ikuti Kami